The Power of Story Telling

19 Nov

Oleh : Agus Prasetya

Apakah anda pernah bercerita? atau mendengar cerita? Jika belum berarti hidup anda kurang bahagia. Segeralah kembali ke jalan yang benar, hehehe….
Tahukah anda bahwa ternyata cerita adalah teknik sugesti yang sangat ampuh. sehingga jangan heran jika kehidupan seseorang akan sangat dipengaruhi oleh cerita-cerita yang ia dengar.

Misal, kenapa banyak remaja sekarang yang sangat antusias mencari pacar padahal tidak ada yang memotivasi sama sekali?? itulah efek cerita, cerita dari film dan sinetron yang menggambarkan indahnya pacaran.

Seperti apa cerita-cerita yang sering kita dengar , maka seperti itulah cara kita berfikir dan bertindak. Kenapa kita takut sama hantu yang sebenarnya sekalipun kita tak pernah jumpa?? CERITA … itulah sebabnya ..

Milton Erickson , seorang maestro hipnosis modern sering sekali menggunakan cerita – cerita untuk mempengaruhi pasiennya. Misal, untuk meyakinkan pasiennya bahwa mereka bisa sembuh/berhasil, maka Ericson menceritakan keberhasilannya menangani klien-klien sebelumnya.

di Indonesia juga banyak sekali cerita-cerita yang memiliki pesan-pesan terselubung untuk menanamkan karakter-karakter positif. Baik itu dongeng, cerita rakyat, hingga kisah kisah pewayangan yang heroik.

di dalam Alqur’an pun juga terdapat banyak kisah-kisah untuk menjadi pelajaran dan inspirasi bagi umat muslim. Mulai dari kisah nabi2 terdahulu, kisah-kisah orang sholeh, serta kisah-kisah kaum yang dihancurkan oleh Allah. Hal ini agar menjadi pelajaran dan nasihat bagi yang membaca.

Muhammad Al Fatih, sang penakluk Konstantinopel yang telah menorehkan sejarah paling heroik di usianya yg baru 22 tahun. Menyeret kapal kapal perangnya melintasi Bukit galata. Sebuah momen langka, yg tak pernah disangka sangka oleh pasukan konstantinopel. Apa rahasia dibalik obsesinya yg luar biasa itu? salah satunya adalah CERITA… semasa kecil , Muhammad Alfatih selalu mendengar cerita-cerita heroik tentang penaklukan sehingga menjadi inspirasi bagi nya.

Mengapa cerita begitu mudah mempengaruhi seseorang??? Karena cerita seringkali membangkitkan daya imajinasi pendengar. Dengan aktifnya daya imajinasi maka aktif pula fikiran bawah sadar kita. Setelah itu pikiran bawah sadar secera otomatis akan mencoba menemukan kesamaan antara cerita itu dengan situasinya. Sehingga pesan-pesan subjektif dari cerita tersebut akan masuk di pikiran bawah sadar..
Lalu bagaimana cara nya membuat cerita yang menghipnosis??? Semoga bisa kita bahas di lain kesempatan.
.
Salam Dahsyat & Memikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>