Membangun Rasa Percaya Diri

12 Oct

oleh : AGUS PRASETYA

Percaya diri adalah kebutuhan banyak orang. Khususnya dalam kaitanya dengan hubungan sosial. Saat kita berinteraksi dengan orang lain maka kita selalu membutuhkan rasa percaya diri. Namun sayangnya banyak orang yang merasa tidak percaya diri sehingga memberikan banyak hambatan ketika berinteraksi social, terutama saat berinteraksi di hadapan banyak orang. Lalu bagaimana caaranya agar kita memiliki rasa percaya diri kapanpun dan dimanapun? Ok kita bahas secara singkat dan jelas, insya Allah.

Penyebab minimnya rasa percaya diri bermacam-macam. Ada yang karena faktor pengalaman, faktor kemampuan, faktor adaptasi (lingkungan baru), faktor ekonomi, faktor status sosial, hingga faktor depresi/stress, dll. Sebenarnya, cara kita membangun rasa percaya diri juga dipengaruhi oleh faktor penyebabnya. Namun pada tulisan kali ini saya tidak akan membahas berdasarkan factor penyebab. Saya akan memberikan tips yang sangat powerfull untuk mendongkrak rasa percaya diri tanpa melihat faktor penyebab, dan ini sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara fokus pada kelebihan.

Banyak orang yang tidak percaya diri karena mereka tidak memahami apa kelebihan mereka atau tidak berusaha untuk mengembangkan kelebihan. Kita harus ingat bahwa tidak ada kelebihan dalam bidang apapun yang datang secara tiba-tiba. Semuanya harus dipelajari dan dilatih. Maka, yang terpenting sekarang adalah kita harus mulai menentukan kira-kira apa kelebihan kita. Kalau tidak tahu bagaimana? Bertanya, ya.. kita harus bertanya kepada orang terdekat kita, bisa orang tua, teman, pasangan, dll. Atau kita juga bisa menganalisa sendiri, kira-kira bidang apa yang kita memiliki pengetahuan dan kemampuan di atas orang lain.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana kalau ternyata tidak ada? Ciptakan! .. kita sudah bahas dan sama-sama paham bahwa tidak ada kemampuan yang turun dari langit. Harus dipelajari dan dilatih. Jika anda belum menemukan apa kelebihan anda maka segera ambil keputusan, pelajari hal baru, latihkan hingga anda menjadi ahli dalam bidang tersebut. Anda tidak perlu khawatir kemana harus belajar, sekarang akses ilmu sangat terbuka luas. Ada banyak buku di perpustakaan yang bisa dipinjam secara gratis, ada website, youtube, dll. Anda tinggal pilih. Atau anda bisa belajar secara berbayar melalui pelatihan-pelatihan baik offline maupun online.

Jika anda telah memiliki kelebihan dalam bidang tertentu maka secara psikologis anda akan merasa lebih percaya diri dan yang terpenting tetap fokus pada kelebihan, dan abaikan kekurangan kita (skill yang kita tidak mampu). Tidak ada manusia yang hebat dalam semua hal. Jadi anda tidak perlu pusing dan minder atas kekurangan anda, selama anda punya kelebihan yang bermanfaat untuk orang lain.

Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>