Kiat Semangat Menyelesaikan Skripsi (Bag 2)

13 Feb

Oleh: Agus Prasetya

Setelah sebelumnya membahas tentang kiat semangat mengerjakan skripsi bagian 1, sekarang kita akan bahas kiat semangat mengerjakan skripsi bagian 2. Jika pada bagian pertama kita hanya fokus pada masalah mindset maka pada bagian kedua ini kita akan fokus pada tindakan.   Berbeda dengan bagian yang pertama, bagian kedua ini tidak perlu untuk banyak dipikirkan hanya perlu untuk dilakukan saja. Sebab jika terlalu banyak dipikirkan malah akan sulit untuk dilaksanakan. Kuncinya adalah action, action, dan action. Rasanya anda sudah tidak sabar ingin mengetahui kiat dahsat tersebut. Ok langsung saja kita bahas satu per satu, tak perlu banyak-banyak yang penting terlaksana.
1.    Tiada hari tanpa skripsi
Masih ingat dengan pepatah “tiada hari tanpa belajar”?. Biasanya dulu ketika SD pepatah ini sering ditulis di sampul-sampul buku. Ketika sedikit diedit pepatah kuno tersebut sangat ampuh digunakan untuk menyelesaikan skripsi. Tiada hari tanpa skripsi, itulah pepatah yang harus digunakan oleh para mahasiswa yang sedang berusaha keras menyelesaikan skripsi. Kita harus mengerjakan skripsi tersebut setiap hari, jangan biarkan satu haru terlewat tanpa skripsi. Kelihatannya begitu ekstrim sekali, namun tunggu dulu, ini bukan sesuatu yang sulit. Anda hanya perlu membuka laptop dan mengetik beberapa paragraf setiap hari. Tidak perlu anda berfikir salah benarnya, sebab nantinya juga pasti akan dicoret-coret. Yang penting ketik saja apa yang anda bisa dan anda tahu. Ketika anda sedang benar-benar malas dan sudah kehilangan inspirasi untuk mengerjakan skripsi, Jangan pernah tinggalkan skripsi sama sekali. Dalam kondisi seperti itu minimal anda membaca beberapa paragraf skripsi anda. Sebab ketika sekali saja anda meninggalkan skripsi maka anda akan mudah untuk mengulanginya dua kali. Jika anda sudah berhasil meninggalkan dua kali maka anda akan mudah meninggalkan empat kali. Setelah itu anda akan berat untuk memulai lagi. Dan bisa ditebak, dengan berbagai alasan skripsi anda tak kunjung usai. Benar atau tidaknya silahkan direnungkan sendiri. Jadi, jangan pernah meninggalkan skripsi walau sehari. Lanjutkan skripsi anda setiap hari walau hanya dengan sekedar membaca satu paragraf atau bahkan judulnya saja. Hal ini minimal akan mengingatkan otak kita bahwa ada skripsi yang harus di selesaikan.
2.    Cari lingkungan yang kondusif
Saya tidak hendak menyarankan anda mencari tempat yang damai, sejuk, tenang, indah. Bukan itu yang saya maksud lingkungan yang kondusif. Lingkungan yang kondusif adalah teman-teman yang sama-sama bersemangat mengerjakan skripsi. Jika anda berkumpul dengan orang-orang yang tidak semangat maka anda akan tertular tidak semangat. Salah satu sifat emosi adalah bisa ditularkan. Mungkin anda pernah melihat atau mengalami tiba-tiba ikut menangis ketika bersama dengan orang yang menangis. Hal ini biasa terjadi ketika takziah ke rumah keluarga orang meninggal. Awalnya berangkat dari rumah biasa saja tetapi ketika sampai tujuan melihat banyak orang menangis akhirnya dia ikut menangis. Itulah contoh bahwa emosi itu menular. Jika anda berkumpul dengan orang-orang malas maka siap-siaplah ketularan malasnya. Supaya lebih ampuh anda bisa melakukan kompetisi dengan teman-teman anda. Berlomba untuk menjadi yang pertama dalam menyelesaikan skripsi. Ini akan memicu semangat juang kita dan mendorong untuk bekerja cepat.
3.    Do’a
Kalau anda melihat pertandingan tinju, partai utama biasanya paling akhir. Dalam sambutan di sebuah acara, orang yang paling penting selalu memberikan sambutan paling akhir. Karena kiat ini begitu penting maka saya tulis pada bagian paling akhir. Segala kesuksesan kita dalam hal apapun selalu tidak lepas dari kehendak Allah SWT. Tanpa pertolongan Allah, kita tidak akan mampu melakukan dan mendapatkan apapun. Maka dari itu, satu hal yang tidak boleh terlupa adalah do’a.

Demikianlah kiat semangat untuk menyelesaikan skripsi. Semoga bisa segera dipraktikkan dan bisa memberikan manfaat. Sebaik-baik keputusan untuk menunda skripsi tetap lebih baik untuk tidak menundanya. Sekarang sudah dulu membacanya dan LANJUTKAN ! lebih cepat lebih baik! Salam dua jari ayo kita ngetik skripsi..he.. he.. he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>